FITRIATI, RESTI (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA SPINNING WHEELS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI-RESTI FITRIATI-TADRIS IPA.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran blended learning dengan media spinning wheels materi sistem pernapasan manusia kelas VIII E di SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Bringin yang berjumlah 34 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran blended learning dengan media spinning wheels dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2020/2021. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I yang tuntas sebanyak 6 peserta didik (17,65%), dan yang tidak tuntas sebanyak 28 peserta didik (82,35%) dengan nilai rata-rata 52,12. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 32 peserta didik (94,12%), dan yang tidak tuntas sebanyak 2 peserta didik (5,88%) dengan nilai rata-rata peserta didik 80,12. Penelitian ini berhenti di siklus II karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu ≥ 85% dari total jumlah peserta didik dalam satu kelas mendapat nilai ≥ 72.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 13:33 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 06:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10940 |
Actions (login required)
View Item |