Safitri, Riska Dewi (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID - 19 (Studi Kasus di MI Modern Bani Adam Boyolali) Tahun Pelajaran 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
RISKA DEWI SAFITRI-converted.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Riska Dewi Safitri. 2021. 23040170098. Strategi Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid – 19 (Studi Kasus Di Mi Modern Bani Adam Boyolali) Tahun Pembelajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtiaiyah. Institut Agama Islam Salatiga. Pembimbing Dr. H. Rahmat Haryadi, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi yang dibuat kepala sekolah dalam pembelajaran di masa pandemi covid – 19 di MI Modern Bani Adam Boyolali, (2) Penerapan strategi oleh para guru di MI Modern Bani Adam Boyolali, (3) Respons orang tua terhadap strategi yang diterapkan di MI Modern Bani Adam Boyolali, (4) Efektivitas strategi pembelajaran yang dibuat kepala sekolah pada masa pademi covid–19 di MI Modern Bani Adam Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber primer yakni pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum , guru, siswa dan orang tua siswa, dan sumber sekunder yang berupa dokumen yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Strategi kepala sekolah dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dengan membatasi kegiatan belajar mengajar dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode daring maupun tatap muka dikelas (maksimal 10 siswa). (2) Penerapan strategi kepala sekolah di MI Modern Bani Adam Boyolali terhadap pembelajaran daring yaitu Guru menggunakan RPP daring dalam proses pembelajaran. Guru menyiapkan media yang tepat sesuai materi yang akan dijelaskan. Untuk pembelajaran tatap muka dilakukan secara bergilir baik kelas bawah maupun atas dengan maksimal 10 anak perkelas, (3) Respons orang tua terhadap strategi kepala sekolah sangat lah bervariasi, tetapi tidak sedikit orang tua yang merasa senang dengan adanya pembelajaran daring tersebut. Karena mereka mempunyai banyak waktu untuk mendampingi proses perkembangan belajar anak. Tetapi ada juga orang tua yang mengeluh karena tidak bisa mendampingi belajar dikarenakan bekerja sebagai petani dan pabrik, (4) Efektivitas Pembelajaran Di MI Modern Bani Adam Boyolali sudah sangat tepat. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Dengan diadakan pembelajaran tatap muka dengan maksimal 10 anak perkelas membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Anak lebih fokus dalam pembelajaran dan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu membawa hand sanitizer dan selalu menggunakan masker.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 15:30 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 08:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10963 |
Actions (login required)
View Item |