Fahriani, Astika Nur (2021) STRATEGI MENCETAK GENERASI UNGGUL DALAM AL-QUR’AN (PENDEKATAN TAFSIR MAQA>S{IDI). [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini hasil dari penelitian kualitatif yang menitikberatkan pada telaah kepustakaan (library research) dengan analisis deskriptif. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah penerapan metodologi Tafsir Maqa>s}idi sebagai pendekatan dalam menafsirkan al-Qur’an. Konsep tersebut digunakan untuk menggali penafsiran terkait strategi mencetak generasi unggul dalam QS. an-Nisa’/4:9. Adapun tujuan dari penelitian ini tidak lain untuk mewujudkan perlindungan bagi dzuriyah/anak-anak yang tidak sekedar min hais|ul adam (protektif), tetapi juga mencapai min hais|ul wujud (produktif/develop). Melalui pendekatan Tafsir Maqa>s}idi inilah, disamping penulis menggali makna harfiah teks, penulis juga berusaha menangkap maksud yang melampaui apa yang dikatakan teks (al-mantuq bih), serta menelisik maksud dibalik teks yang implisit (al-maskut ‘anh), sehingga penafsiran yang dihasilkan tidak bernuansa tekstual ataupun liberal, melainkan moderat dalam mendudukkan dalil naql dan aql. Upaya tersebut juga ditempuh untuk meminimalkan lahirnya produk tafsir yang didasari atas kepentingan ideologis/politik semata. Hasil penelitian ini adalah aktualisasi takwa dan qaulan sadi>da dapat berfungsi sebagai strategi mencetak generasi unggul. Dengan begitu, langkah tersebut sesuai dengan prinsip Maqa>s}id al-Syari’ah untuk melindungi keturunan, bahkan juga menjangkau kemaslahatan-kemaslahatan yang memiliki potensi besar untuk melindungi agama, jiwa, harta, dan akal. Disamping juga sejalan dengan Maqa>s}id Qur’an (tauhid, tazkiyah, ‘umran). Kata Kunci : Tafsir Maqa>s{idi, hifz{u nasl, generasi unggul.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 21:47 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 14:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10967 |
Actions (login required)
View Item |