PESAN DAKWAH TENTANG FIQH MUNAKAHAT DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Rahayu, Ashlihah Suci (2021) PESAN DAKWAH TENTANG FIQH MUNAKAHAT DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahayu, Ashlihah Suci. 2021. Pesan Dakwah Tentang Fiqh Munakahat Dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi. Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Yahya, S.Ag., M.H.I Kata Kunci: Pesan Dakwah, Fiqh Munakahat, Novel. Novel merupakan salah satu media dakwah yang efektif bagi penikmat sastra dalam menyampaikan pesan dakwah, seperti novel Hati Suhita yang menceritakan perempuan dari trah darah biru pesantren yang begitu patuh, tawadhu`dalam mikul duwur mendem jero prahara kehidupan rumah tangga dengan penolakan terang-terangan dari suami. Ia yang menyembunyikan semua perasaannya dengan menyerahkan diri kepada Allah SWT, karena Dia sebaik-baik tempat peraduan.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis isi pesan dakwah dan apa isi pesan dakwah tentang fiqh munakahat dalam novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatam analisis isi (content Analisys). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini berupa novel Hati Suhita karya Khilma Anis terbitan Telaga Aksara Ft Mazaya Media tahun 2019 . Sedangkan data sekunder berupa artikel-artikel atau literatur lain yang berkaitan dengan fiqh munakahat dan teori semiotika. Pengumpulan data ini menggunakan teknik library research (riset perpustakaan), baca dan catat serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis isi teori Semiotika Charles Sanders Pierce. Dan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan/keajegan pengamatan, pemeriksaan sejawat dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis pesan dakwah dalam novel Hati Suhita tentang fiqh munakahat mengenai perjodohan, khitbah, dan hak dan kewajiban suami istri. Sedangkan pesan dakwah yang dapat diambil dalam novel ini berhubungan bagaimana sikap tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan birrul walidain.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2021 12:10
Last Modified: 24 Jun 2021 12:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item