IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DAN PENDIDIKAN TASAMUH PADA JAMAAH TAREKAT QODIRIYYAH WA NAQSABANDIYYAH DI PONDOK PESANTREN SURYA BUANA BALAK MAGELANG TAHUN 2020

THOHA, NUR MUHAMMAD (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DAN PENDIDIKAN TASAMUH PADA JAMAAH TAREKAT QODIRIYYAH WA NAQSABANDIYYAH DI PONDOK PESANTREN SURYA BUANA BALAK MAGELANG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Nur Muhammad Thoha 23010170159.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Thoha, Nur Muhammad. 2021. Implementasi Pendidikan Akhlak dan Pendidikan Tasamuh Pada Jamaah Tarekat Qodiriyyah Wa Naqsabandiyyah Di Pondok Pesantren Surya Buana Balak Magelang Tahun 2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muh. Hafidz, M. Ag. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Pendidikan Tasamuh, Jamaah Tarekat Qodiriyyah Wa Naqsabandiyyah (TQN) Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui proses implementasi pendidikan akhlak dan pendidikan tasamuh pada Jamaah Tarekat Qodiriyyah wa Naqsabandiyyah di Pondok Pesantren Surya Buana. Kedua, untuk mengetahui kendala yang terjadi dalam implementasi pendidikan akhlak dan pendidikan tasamuh pada Jamaah Tarekat Qodiriyyah wa Naqsabandiyyah di Pondok Pesantren Surya Buana. Ketiga, untuk mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kendala implementasi pendidikan akhlak dan pendidikan tasamuh pada Jamaah Tarekat Qodiriyyah wa Naqsabandiyyah di Pondok Pesantren Surya Buana. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan metode fenomenologis dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh melalui metode kualitatif yang meliputi observasi, wawacara, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis interaktif. Penyajian data digabungkan setelah reduksi data. Kemudian disajikan dalam bentuk narasi kata untuk mengungkap fakta selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: pertama, implementasi pendidikan akhlak dan pendidikan tasamuh pada Jamaah TQN ini pembelajarannya dilakukan melalui seorang mursyid (guru) dengan tarekat. Kedua, kendala yang dihadapi terdapat kurangnya pemahaman akan tarekat pada umat muslim. Kendala dari jamaah disibukkan dengan rutinitas kerja setiap hari dan kendala melawan hawa nafsunya. Ketiga, Solusinya maka perlu pemahaman mendalam tentang TQN kepada umat muslim yang tidak memahaminya. Untuk jamaah dengan memperbanyak zikir selain dari waktu yang sudah ditentukan. Ajaran tarekat di Surya Buana adalah zikir 165 dan zikir khofi, zikir setiap pekan (khotaman), dan manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2021 11:08
Last Modified: 28 Jun 2021 11:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11020

Actions (login required)

View Item View Item