PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI CITA-CITAKU MENGGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI PERWANIDAKECAMATAN ARGOMULYO SALATIGATAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Fitriyani, watik (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI CITA-CITAKU MENGGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI PERWANIDAKECAMATAN ARGOMULYO SALATIGATAHUN PELAJARAN 2020 / 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
WATIK FITRIYANI 23040150130.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriyani, Watik. 2021.“PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI CITA-CITAKU MENGGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI PERWANIDA KECAMATAN ARGOMULYO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021”. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra Nurhasanah, M.Pd. Kata Kunsi : Hasil Belajar, Metode Ceramah Plus. Media Gambar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IVmata pelajaran IPS materi cita-cita siswa kelas IVMI Perwanida Salatiga. Berdasarkan data hasil pra siklus menunjukkan hasil belajar siswa menunjukkan persentase 74% artinya siswa belum tuntas sebanyak 20 siswa belum tuntas KKM dengan KKM nya adalah 70. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas IV MI Perwanida Kota Salatiga yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, skala kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja siswa, soal kemampuan pemecahan masalah, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan metode ceramah plus berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi cita-citaku, berdasarkan kondisi awal di kelas IV siswa yang mencapai ketuntasan hanya 26% dari keseluruhan jumlah siswa dengan rata-rata 66,8. Pada siklus I setelah menerapkan metode pembelajaran ceramah plus berbantu media gambar, siswa yang tuntas dalam KKM 70 sebanyak 7 siswa atau 56% dengan rata-rata 68,5. Pada siklus II sebanyak 27 siswa atau 100% telah tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 86,6. Dari hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa metode ceramah plus berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Perwanida.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2021 11:36
Last Modified: 29 Jun 2021 11:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11074

Actions (login required)

View Item View Item