Inayati, Atika (2021) STRATEGI GURU DALAM MELAKSANKAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH YASUA PILANGWETAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi_Atika Inayati_094_PGMI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Inayati, Atika. 2021. Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Di MI Yasua Pilangwetan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Tematik, Masa Pandemi Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) mengetahui strategi guru dalam merencanakan pembelajaran tematik pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Yasua Pilangwetan, 2) mengetahui strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Yasua Pilangwetan, 3) mengetahui strategi guru dalam mengevaluasi pembelajaran tematik pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Yasua Pilangwetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 4, guru kelas 5, dan guru kelas 6. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Strategi guru dalam merencanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Yasua Pilangwetan meliputi guru menyusun RPP pembelajaran tematik para guru mengikuti juklak dari pemerintah dan guru hanya merubah sesuai dengan kebutuhan peserta didik, guru merencanakan komponen pembelajaran tematik, guru menentukan masalah dan pendukung dalam merencanakan pembelajaran tematik. 2) Strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Yasua Pilangwetan menerapkan dalam jaringan (daring) dan juga pembelajaran tatap muka dalam 1 Minggu 2 kali pertemuan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, hal itu dikarenakan siswa Madrasah Ibtidaiyah Yasua Pilangwetan banyak yang berasal dari kalangan santri sehingga ketika pembelajaran dalam jaringan (daring) ada sedikit kesulitan dikarenakan terbatasnya alat untuk komunikasi dalam pembelajaran daring. Strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik pada masa pandemi meliputi guru melaksanakan metode pembelajaran tematik, guru menentukan dan melaksanakan materi pembelajaran tematik, guru menggunakan media pembelajaran tematik. 3) Strategi guru dalam mengevaluasi pembelajaran tematik pembelajaran tematik pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Yasua Pilangwetan meliputi guru menentukan metode evaluasi pembelajaran, guru mengadministrasikan melaporkan evaluasi pembelajaran tematik dengan menggunakan buku harian, buku tugas, buku remidial, buku pengayaan dan perbaikan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 11:55 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 05:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11076 |
Actions (login required)
View Item |