Sugiono, Nanang (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU KEBIASAAN-KEBIASAAN INSPIRATIF K.H. AHMAD DAHLAN DAN K.H. HASYIM ASY’ARI KARYA M. SANUSI. Other thesis, Fakultas Tarbiyah.
Text
Nanang Sugiono, 111 11 182.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perilaku anarkisme dan ketidakjujuran marak dikalangan peserta didik, misalnya saja tawuran, menyontek, plagiarisme bahkan sampai menggunakan narokoba membuat semakin merosotnya karakter bangsa. Buku ini mengandung nilai pendidikan karakter yang bisa digunakan acuan untuk mengatasi masalah merosotnya karakter. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai pendidikan karakter dalam buku Kebiasaan-Kebiasaan Inspiratif K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari karya M. Sanusi?. Bagaimanakah implementasi nilai pendidikan karakter dalam buku Kebiasaan-Kebiasaan Inspiratif K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari karya M. Sanusi ke dalam kehidupan sehari-hari?. Penelitian ini adalah literature (kepustakaan), dan ditambah dengan metode wawancara dengan penulis buku melalui email. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati pada sumber-sumber tertentu, mencari, menelaah buku-buku, artikel atau lainnya yang berkaitan dengan skripsi ini, serta wawancara dengan penulis buku mengenai informasi buku yang diteliti. Pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Kebiasaan-Kebiasaan Inspiratif K.H. Ahmad Dahlan Dan K.H. Hasyim Asy’ari karya M. Sanusi yaitu disiplin dan taat dalam melakukan ibadah, menghargai perbedaan dan kritis (membenarkan tradisi yang tidak sesuai dengan syariat islam), senang mendendangkan shalawat dan membaca al-qur’an, tanggung jawab terhadap perintah allah swt, tidak membedakan antar sesama, memiliki jiwa kepemimpinan, dermawan, senang melakukan diskusi atau musyawarah, senang bersilaturahim kepada orang lain,senang berorganisasi. Buku tentang Kebiasaan-Kebiasaan Inspiratif K.H. Ahmad Dahlan Dan K.H. Hasyim Asy’ari karya M. Sanusi bisa dijadikan semacam acuan bagi peserta didik dalam melakukan kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-harinya seperti yang dicontohkan oleh K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari sehingga karakter peserta didik akan terbentuk ke arah yang lebih baik. Adapun metode yang bisa digunakan oleh orang tua maupun guru dalam mendidik peserta didik adalah metode bercerita, metode teladan, metode mendengarkan ayat-ayat al-Qur’an, mengajari berdoa langsung mengajar dengan biola, mengajar dengan metode murid bertanya, mengajar secara sorogan dan bandongan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 05:00 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 05:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1113 |
Actions (login required)
View Item |