fahmi, muhammad fuad (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN SOSIAL DALAM KITAB MAROQIL UBUDIYYAH MENURUT SYAIKH MUHAMMAD NAWAWI AL-BANTANI. [UNSPECIFIED]
Text
MUHAMMAD FUAD FAHMI 23010170376.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini di latar belakangi oleh permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat akibat dari kemprosotan sosial dan dampak negatif terjadinya arus globalisasi dengan adanya perkembangan dan kemajuan IPTEK yang seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai pembentuk pribadi yang baik dan santun bagi generasi sekarang ini. Meskipun perkembangan dan kemajuan IPTEK memberikan dampak positif yang besar bagi kehidupan manusia jika tidak disikapi dengan bijak akan mengakibatkan dampak nigatif yang lebih besar daripada dampak positifnya. Hal ini peran dan perhatian dari pihak orang tua, guru dan masyarakat sekitar sangatlah penting untuk mendidik dan menanamkan nilai-nilai pendidikan sosial pada anak sejak dini.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan konstruk atau isi kitab Maroqil Ubudiyyah, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan sosial dalam kitab Maroqil Ubudiyyah, dan bagaimana relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan atau biasanya sering disebut dengan istilah Library Research, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan-bahan. Penelitian yang dilakukan ini dengan cara mengumpulkan data-data yang didapat dari sumber kepustakaan yang berupa buku, jurnal ilmiah serta dokumen-dokumen lainya sehingga dapat diperoleh informasi yang benar tentang nilai-nilai pendikan sosial dalam kitab Maroqil Ubudiyyah.Hasil dari penelitian kajian kitab Maroqil Ubudiyyah menunjukkan bahwa konsep pendidikan sosial dalam kitab Maroqil Ubudiyyah mempelajari bagaimana etika-etika cara berinteraksi yang baik dan santun terhadap sesama mnusia. Nilai-nilai pendidikan sosial dalam kitab Maroqil Ubudiyyah yaitu berupa penanaman kejiwaan yang mulia, meliputi: 1). Taqwa, 2). Ukhwah, 3). Kasih sayang, 4). Itsar, 5). Memaafkan dan untuk menjaga hak kepada orang lain yang meliputi: 1). Hak kepada kedua orang tua, 2). Hak kepada guru, 3). Hak kepada teman. Relevansi nilai-nilai pendidikan sosial dalam kitab Maroqil Ubudiyyah dengan pendidikan Islam masih relevan, hal itu sesuai dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu membentuk, menciptakan pribadi manusia yang Islami sesuai syari`at dan menjadikan pribadi yang bertindak atau bertingkah laku sesuai dengan norma-norma sosial.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 08:58 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 05:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11153 |
Actions (login required)
View Item |