Pandangan Masyarakat Terhadap Praktik Pembacaan Al-Qur'an Dalam Tradisi Siklus Hidup Manusia (Studi Living Qur'an Pada Masyarakat Srondol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang)

Melina, Mita (2021) Pandangan Masyarakat Terhadap Praktik Pembacaan Al-Qur'an Dalam Tradisi Siklus Hidup Manusia (Studi Living Qur'an Pada Masyarakat Srondol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Mita Melina 53020170075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pandangan masyarakat dan tujuan mendasar dari pembacaan al-Qur’an yang terdapat dalam tradisi siklus hidup manusia, dengan melihat dari sudut pandang masyarakat kelurahan Srondol Wetan, Banyumanik, kota Semarang. Manfaat penelitian ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap esensi pembacaan al-Qur’an dalam pelaksanaan prosesi tradisi maupun kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian living Qur’an yang dikaji dalam bentuk penelitian lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber datanya terdiri dari dua macam yakni primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung dengan masyarakat kelurahan Srondol Wetan, Banyumanik, kota Semarang sebagai pelaku tradisi siklus hidup, kemudian data sekunder berupa literatur representatif dan relevan dengan penelitian ini seperti kitab tafsir al-Misbah dan buku-buku yang membahas tradisi kelahiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat mempraktikkan pembcaan al-Qur’an dalam tiap tahapan perkembangan manusia untuk membumikan dan mengamalkan keutamaan-keutamaan dari al-Qur’an dalam kehidupan, kedua masyarakat memiliki pandangan dengan membacakan al-Qur’an pada surah-surah pilihan maka harapannya anak yang dilahirkan tumbuh dan memiliki sifat atau karakteristik sesuai dengan penafsiran yang terdapat pada surah yang dibacakan. Dalam penelitian ini ditemukan pula perubahan yang terjadi dalam prosesi tradisi yang disebabkan oleh perkembangan zaman. Kata Kunci: Pandangan Masyarakat, Tradisi, Siklus Hidup, Al-Qur’an.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2021 15:03
Last Modified: 01 Jul 2021 15:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item View Item