Ermawati, Dewi (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KONSEP PENAKSIRAN DALAM SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Dewi Ermawati_11510029.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Wonokerto Kec. Bancak Kab. Semarang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode two stay two stray. Metode two stay two stray atau metode dua tinggal dua tamu merupakan metode yang melatih siswa untuk belajar kelompok dan saling bertukar informasi atau jawaban, dengan cara dua bertamu dengan kelompok lain dan yang dua tinggal pada kelompoknya (Suprijono, 2009: 93). Pertanyaan yang ingin dijawab apakah penerapan metode two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi konsep penaksiran dalam subtema bersyukur atas keberagaman pada siswa kelas IV SD Negeri Wonokerto tahun pelajaran 2014/2015 ? Penelitian ini merupakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wonokerto Kec. Bancak Kab. Semarang. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri dari 3 siklus yang masing -masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data maka kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan metode two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi konsep penaksiran dalam subtema bersyukur atas keberagaman di SDN Wonokerto Kec. Bancak Kab. Semarang. Terbukti pada siklus I dari 12 siswa baru 7 (58%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II 8 (67%) siswa yang telah mencapai nilai KKM dan siklus III tercatat 11 (92%) siswa telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Feb 2016 06:31 |
Last Modified: | 10 Feb 2016 06:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/112 |
Actions (login required)
View Item |