STRATEGI KOPING RELIGIUS PARA SANTRI BERUSIA REMAJA DALAM MENGHADAPI KEMATIAN ORANG TUA (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Al-Isti’anah Tahun 2021)

Maghfiroh, Khofifah Anif (2021) STRATEGI KOPING RELIGIUS PARA SANTRI BERUSIA REMAJA DALAM MENGHADAPI KEMATIAN ORANG TUA (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Al-Isti’anah Tahun 2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Khofifah Anif M (43040170071).pdf

Download (3MB)

Abstract

Maghfiroh, Khofifah Anif. 2021. Strategi Koping Religius Para Santri Berusia Remaja Dalam Menghadapi Kematian Orang Tua (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Al-Istianah Tahun 2021). Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Psikologi Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Koping Religius, Santri Remaja, Kematian Orang Tua, Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Strategi Koping Religius Para Santri Berusia Remaja Dalam Menghadapi Kematian Orang Tua (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Al-Istianah Tahun 2021). Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran pengalaman dan respon para santri yang berusia remaja menghadapi kematian orang tua. 2) Untuk mengetahui penggunaan koping religius sebagai respon terhadap kematian orang tua yang dialami para santri yang berusia remaja. 3) Untuk mengetahui karakteristik koping religius yang diterapkan para santri berusia remaja ketika menghadapi kematian orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus, sumber data diperoleh melalui para santri yang diusia remaja orang tuanya meninggal, teman terdekat santri yang diusia remaja orang tuanya meninggal, pengasuh, ustadz dan ustadzah di Pondok pesantren Al-Isti’anah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Pondok Pesantren al-Isti`anah. Objek penelitiannya strategi koping religius. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan klarifikasi data, penyaringan data dan penyimpulan.Hasil penelitian ini, gambar pengalaman dan respon santri remaja dalam menghadapi kematian orang tua dengan dukungan lingkungan sekitar dan keluarga sangat mempengaruhi lama tidaknya grief sampai ketahapan normal pada IW dan FD serta hubungan kedekatan orang tua yang meninggal dengan anak yang tinggalkan, keyakinan agama dalam menghadapi masalah, penggunaan koping religius sebagai respon terhadap kematian orang tua yang dialami IW dan FD dengan collaborative merupakan strategi koping yang menyertakan Tuhan dengan seseorang dalam memecahkan masalah melalui kerjasama seperti percaya bahwa Allah selalu memberikan hidayah di setiap masalah, melakukan kegiatan religius salat, doa, dzikir dan membaca Al-Qur’an serta percaya akan kehendak Allah yang lebih mengetahui yang mana baik untuk hambanya, karakteristik koping religius yang diterapkan IW ketika menghadapi kematian orang tua menggunakan koping religius benevolent religius, religius collaborative religius coping, IW juga melalukan hubungan dengan temannya kembali dan semakin giat melakukan kegiatan-kegiatan di pondok pesantren. Sejalan dengan apa yang dialami FD, karakteristik koping religius yang diterapkan FD dalam menghadapi kematian ayahnya adalah renevolent religius reappraisal, religius forgiving, spiritual coping, collaborative coping.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:18
Last Modified: 06 Jul 2021 09:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11203

Actions (login required)

View Item View Item