Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix Y. Siauw

Perdana, Putra Arief (2016) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix Y. Siauw. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi full fix dana.pdf

Download (3MB)

Abstract

: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Buku Muhammad Al-Fatih 1453. Dengan modal keadaan sosial budaya dan kekayaan yang dimiliki Indonesia dapat hidup dengan makmur tanpa harus ada kejahatan, korupsi hingga tawuran antar pelajar, sikap anak yang kurang menghormati orang tua dan kasus-kasus lainnya. Berangkat dari berbagai persoalan di atas, sudah saatnya sistem pendidikan di Indonesia dibenahi tanpa meninggalkan jati diri dari bangsa Indonesia. Salah satunya adalah dengan pendidikan karakter Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1. Apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw 2. Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw dengan praktik pendidikan karakter masa kini. Kajian skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan pragmatik. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode deskriptif, analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw diantaranya: nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa (religius), nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri (jujur, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan gemar membaca), nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sesama (menghargai prestasi, demokratis, peduli sosial, dan bersahabat), nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan lingkungan (peduli lingkungan dan toleransi), nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan (semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan cinta damai). (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dengan praktik pendidikan karakter masa kini adalah mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan, saat ini kita dihadapkan dengan kehidupan yang terus menerus berkembang sesuai perkembangan zaman. Lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap terbentuknya karakter seseorang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Keislaman
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2017 07:14
Last Modified: 09 Mar 2017 07:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item