prahesti, anggi (2021) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN GAYA BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI-ANGGI PRAHESTI- 23070170051.pdf Download (5MB) |
Abstract
Prahesti, Anggi, 2021. Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Gaya Belajar Siswa Di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag.,M.Phil Kata kunci : komunikasi matematis; gaya belajar Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. (2) Mengetahui gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. (3) Mengetahui hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan gaya belajar siswa SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif non eksperimental dengan menggunakan metode korelasi. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket gaya belajar siswa dan angket kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII –A Siswa SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga dengan jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket kemampuan komunikasi matematis dan angket gaya belajar siswa yang telah divalidasi oleh validator ahli. Dari penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis product moment Hasil penelitian mengenai hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan gaya belajar siswa kelas VIII-A SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai berikut : (1) kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa berada pada kategori sedang dan rendah dengan persentase 37.50% sebanyak 9 siswa dari 24 responden. (2) untuk gaya belajar siswa SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga kecenderungan gaya belajarnya adalah gaya belajar visual dengan persentase 58.34% sebanyak 14 siswa, untuk gaya belajar auditori dengan persentase 37.50% sebanyak 9 siswa dan tidak ada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Terdapat 1 siswa yang memiliki gaya belajar kombinasi yaitu V-A (Visual -Auditori) yaitu sebesar 4.16%. (3) Hubungan kemampuan komunikasi matematis terhadap gaya belajar siswa berada pada interval sangat rendah yaitu 0,120 dengan tidak signifikan korelasi yaitu 0,577.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 16:18 |
Last Modified: | 01 Aug 2021 06:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11247 |
Actions (login required)
View Item |