Andriani, Lia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA REALISTIK MATERI ARITMETIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
TMTK_Lia Andriani_23070170025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Andriani, Lia. 2021. Pengembangan Media Komik Matematika Realistik Materi Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci : Komik Matematika, Aritmetika Sosial. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa komik matematika dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII SMP N 1 Pabelan pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan subjek penelitian siswa kelas VII SMP N 1 Pabelan sebanyak 10 siswa. Pada model pengembangan ADDIE terdapat 5 tahap, yang pertama Analysis. Tahap Analysis meliputi identifikasi permasalahan di lapangan, tahap Design meliputi merancang materi dan media, tahap Development meliputi pembuatan produk, tahap Implementation meliputi tahap validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba terbatas pada siswa dan guru matematika, dan terakhir tahap Evaluation meliputi evaluasi semua kegiatan yang telah dilakukan. Hasil analisis media pembelajaran berupa komik matematika realistik pada materi aritmetika sosial dengan menggunakan aplikasi corel draw, avatar maker dan photoshop berdasarkan validasi oleh ahli media diperoleh nilai sebesar 90,4% dengan kategori “Sangat Baik”, sedangkan validasi oleh ahli materi diperoleh nilai sebesar sebesar 80% dengan kategori “Baik”, sehingga media pembelajaran ini valid digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan pada analisis hasil respon siswa kelas VII SMP N 1 Pabelan diperoleh hasil sebesar 91,64% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil respon guru matematika sebesar 88% dengan kategori “Sangat Baik”, sehingga media pembelajaran ini praktis digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jul 2021 12:43 |
Last Modified: | 18 Jul 2021 05:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11252 |
Actions (login required)
View Item |