IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI MERTI DUSUN UNTUK MENUMBUHKAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (Studi kasus di dusun Kedakan desa Kenalan kec. Pakis kab. Magelang

Qomariyah, Nurul (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI MERTI DUSUN UNTUK MENUMBUHKAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (Studi kasus di dusun Kedakan desa Kenalan kec. Pakis kab. Magelang. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
NURUL QOMARIYAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tradisi Jawa akan selalu berhubungan dengan ritual. Namun ritual yang dilaksanakan secara Islami akan bermanfaat sebagai penyebaran Islam, dan dapat menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat. Begitu pula dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi Merti Dusun di dusun Kedakan, diantaranya adalah nilai toleransi, saling membantu, persatuan dan kesatuan. Di dusun Kedakan terdapat keyakinan yang berbeda yaitu Islam dan Kristen, sehingga akan sangat bermanfaat apabila diterapkan nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi Merti Dusun tersebut. Masyarakat dusun Kedakan akan memiliki kehidupan yang tenteram, bebas dari ancaman, konflik antar umat beragama dan terhindar dari terjadinya kekerasan diantara warga muslim dan non-muslim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah makna tradisi Merti Dusun di dusun Kedakan desa Kenalan kec. Pakis kab. Magelang?, 2) Bagaimana upaya untuk menumbuhkan kerukunan umat beragama di dusun Kedakan desa Kenalan kec. Pakis kab. Magelang?, 3) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Merti Dusun untuk menumbuhkan kerukunan umat beragama di dusun Kedakan desa Kenalan kec. Pakis kab. Magelang? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui makna tradisi Merti Dusun di dusun Kedakan desa Kenalan kec. Pakis kab. Magelang, upaya untuk menumbuhkan kerukunan umat beragama di dusun Kedakan desa Kenalan kec. Pakis kab. Magelang, dan implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Merti Dusun untuk menumbuhkan kerukunan umat beragama di dusun Kedakan desa Kenalan kec. Pakis kab. Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi agama dan untuk mendapatkan data maka digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah warga muslim dan Kristen. Setelah dianalisis dan disimpulkan bahwa perbedaan keyakinan di dusun Kedakan tidak dipermasalahkan. Bahkan saat acara tradisi Merti Dusun yang seharusnya berbeparan di dalamnya hanya orang Islam saja, namun warga Kristen suka rela membantu dengan bergotong-royong untuk menyiapkan tempat yang akan dijadikan acara tersebut dan ikut meramaikan bersama-sama pada saat pementasan pagelaran wayang. Hal itu didasarkan oleh nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Merti Dusun yang diterapkan dalam masyarakat dusun Kedakan, yaitu: (1) Khuluqiyyah, yang berkaitan dengan pendidikan etika, bertujuan untuk membersihkan diri dari perilaku rendah dan menghiasi diri dengan perilaku terpuji. (2) Amaliyyah, yang berkaitan dengan pendidikan tingkah laku sehari-hari, baik yang berhubungan dengan pendidikan ibadah maupun muamalah. Pendidikan ibadah memuat hubungan antara manusia dengan Tuhannya, seperti shalat, puasa, zakat, haji, dan nazar yang bertujuan untuk aktualisasi nilai-nilai ubudiyah. Sedangkan pendidikan muamalah itu memuat hubungan antar-manusia, baik secara individual maupun institusional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:01
Last Modified: 09 Mar 2017 08:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item