Internalisasi Nilai-Nilai Demokrasi pada Proses Pembelajaran PAI di Kelas VIII MTs N Ngablak kab. Magelang

Siyamto, Rochmat (2016) Internalisasi Nilai-Nilai Demokrasi pada Proses Pembelajaran PAI di Kelas VIII MTs N Ngablak kab. Magelang. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
ROCHMAT SIYAMTO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan harus sesuai dengan perubahan sosial budaya masyarakat yang terus berkembang , yang mendambakan adanya transparansi , perlakuan yang sama, adil, jujur bagi setiap manusia ( demokrasi) dan menjunjung tinggi hak- hak manusia. Untuk itu penting kiranya untuk memasukkan nilai-nilai positif demokrasi dalam sistem pendidikan, terutama pada aspek pembelajaran. Pembelajaran PAI yang memuat nilai-nilai demokrasi adalah pembelajaran secara sadar dan terencana untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif, dan kritis terhadap lingkungan sekitar yakni di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. 1). Untuk mengetahui pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajara pendidikan agama islam (PAI) Di Kelas VIII A MTs Negeri Ngablak kab. Magelang. 2). Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di Kelas VIII A MTs N Ngablak. 3). Untuk mengetahui faktor pendukung dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di Kelas VIII A MTs N Ngablak. 4). Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajara pendidikan agama islam (PAI) Di Kelas VIII A MTs N Ngablak . Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran secermat mungkin mengenai internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran PAI di MTs Negeri Ngablak , kendala dalam proses pembelajaran serta upaya untuk mengatasi kendala pada proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan melalui metode Observasi , wawancara, dan dokumentasi. Data berupa deskriptif mengenai internalisasi nilai-nilai demokrasi dan profil sekolah diperoleh dari studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data penelitian menunjukkan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran PAI dapat diwujudkan melalui tahap perencanaan yaitu guru menyisipkan nilai-nilai demokrasi pada nilai karakter, pelaksanaan pembelajaran yaitu guru menerapkan metode yang variatif diantaranya diskusi dan metode tanya jawab dengan memanfaatkan media yang telah adalah ada, dan evaluasi pembelajaran yaitu guru melaksanakan evaluasi pembelajaran secara komprehensif yang diantaranya mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru tidak hanya bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, namun siswa juga mengevaluasi gurunya. Kendala yang ditemui guru adalah guru mengalami kesulitan dan kurang teliti dalam menentukan nilai-nilai demokrasi yang sesuai dengan materi. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan cara guru harus teliti dan kreatif dalam menentukan nilai-nilai demokrasi yang sesuai dengan materi PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:13
Last Modified: 09 Mar 2017 08:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item