Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Benda Melalui Metode Guide Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV B MIS Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016

Arifin, Nur Achmat (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Benda Melalui Metode Guide Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV B MIS Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nur Achmat Arifin 11511059.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini adalah berisi tentang penelitian tindakan kelas yang membahas peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Benda melalui metode Guide Disovery Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MI Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah7 siswa kelas IV. Melihat hasil belajar siswa kelas IV selama ini yang masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah, yaitu 65. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan Pra Siklus masih ada 57,15% yang belum mencapai KKM. Maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Guide Discovery Learning pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat benda kelas IV di MI Asinan. Hal ini yang melatar belakangi kenapa dikelas IV MIS Asinan harus diadakan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi sifat-sifat benda melalui metode Guide Discovery learning pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Guide Discovery learning. Metode Guide Discovery learning adalah metode yang menekankan siswa untuk mencari, melakukan dan menemukan sendiri inti dari sebuah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat benda melalui metode Guide Discovery learning pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Hal itu dapat dilihat dari hasil tes dari setiap siklus penelitian yang selalu meningkat. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa atau 57,15% dengan rata-rata kelas 67,14; siklus II yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 71,42% dan rata-rata kelasnya 71,85 dan siklus III hasil belajar siswa 100% mampu mencapai nilai KKM yang ditentukan dan dengan rata-rata kelas 82,85.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:19
Last Modified: 09 Mar 2017 08:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item