IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAWADHU' DAN TASAMUH SANTRI DI PONDOK PESANTREM ROUDLOTUT THOLIBIN NGANDONG BANARAM KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG

Nafiah, Durotun (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAWADHU' DAN TASAMUH SANTRI DI PONDOK PESANTREM ROUDLOTUT THOLIBIN NGANDONG BANARAM KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI FIKS DUROTUN NAFI'AH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan, Tawadhu’ Tasamuh Santri. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengidentifikasibagaimana implementasi pendidikan tawadhu‟ dan tasamuhdi Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Ngandong Banaran Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang 2). Untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung implementasi pendidikan tawadhu dan tasamuh di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Ngandong Banaran Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang 3). Untuk mengidentifikasinilai sikap dalam pendidikantawadhu‟ dan tasamuh di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Ngandong Banaran Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus dan santri PP Roudlotut Thoibin, sebagai sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, pemaparan data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Implementasi PendidikanTawadhu‟danTasamuhSantri di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibindilakukan melalui metode individual dan metode kelompok. melalui metode keteladanan, pengajian atau interaksi di pondok pesantren.metode pembiasaan, metode pengawasan, tata tertib.2).faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan tawadhu‟ dan Tasamuh di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin. Faktor internal seperti motivasi diri para santri, kecerdasaan pada dirinya, dan kondisi ekonomi. Terdapat juga Faktor pendukung eksternal lingkungan pondok pesantren yang kondusif dan strategis fisik seperti bangunan, alat sarana prasarana dan ustadz dan ustadzah.Faktor penghambat internal adalah kurangnya motivasi. Sedangkan faktor penghambat eksternal seperti lingkungan tempat santri bergaul kurangnya pengawasan atau keteladanan dari orang tua. 3). Nilai-nilai sikap dalam implementasi pendidikan tawadhu‟ dan tasamuh di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin adalah para santri bersikapsopan dengan ustadz ustadzah dan dengan teman-temannya, serta selalu ada rasa tolong menolong. Disiplin sholat berjama‟ah dan tepat waktu, serta menaati segalaperaturan dalam pondok pesantren

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2021 11:33
Last Modified: 27 Jul 2021 04:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item View Item