ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOMES) PADA KELAS VII DI SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA

MUBAROKAH, LAILATUL (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOMES) PADA KELAS VII DI SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
LAILATUL MUBAROKAH 23070170053 .pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mubarokah, Lailatul. 2021. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika Materi Himpunan Ditinjau Dari Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes) Pada Kelas VII Di SMP Islam Sunan Giri Salatiga. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : pemecahan soal dan Taksonomi SOLO Kemampuan masing-masing siswa dalam merespon soal itu berbeda-beda. Oleh karena itu kemampuan siswa perlu dievaluasi berdasarkan tingkat kemampuannya masing-masing yaitu menggunakan Taksonomi SOLO. Penggunaan Taksonomi SOLO dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memecahkan soal, karena Taksonomi SOLO merupakan alat evaluasi respon siswa terhadap suatu tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan soal matematika materi himpunan ditinjau dari Taksonomi SOLO. Jenis penelitian adalah termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data pada penelitian dengan mengadakan tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini ada 3 siswa, dipilih berdasarkan hasil tes yaitu 1 siswa yang mendapat nilai tes di atas KKM, 1 siswa yang mendapat nilai tes sesuai KKM dan 1 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapat hasil tes di atas KKM kemampuan dalam memecahkan soal matematika ditinjau dari Taksonomi SOLO telah mencapai level abstrak yang diperluas (extended abstract), pada level ini siswa siswa dapat menggunakan dua informasi atau lebih dari soal kemudian siswa mengaplikasikan informasi tersebut ke konsep baru untuk mendapatkan jawaban sementara, kemudian siswa menghubungkan jawaban sementara tadi dengan informasi yang lain dari soal untuk menjawab pertanyaan. Namun hasil tersebut bukan hasil akhir, untuk mendapatkan hasil akhir siswa harus menemukan informasi baru yang abstrak untuk mendapatkan hasil akhir. Siswa yang mendapat hasil tes sesuai KKM kemampuan dalam memecahkan soal matematika ditinjau dari Taksonomi SOLO mencapai level relasional, pada level ini siswa menggunakan dua atau lebih informasi dari soal kemudian siswa mengaplikasikan informasi tersebut untuk mendapatkan jawaban sementara, kemudian siswa menghubungkan jawaban sementara tadi dengan informasi yang ada untuk mendapatkan jawaban akhir. Siswa yang mendapat hasil tes di bawah KKM kemampuan dalam memecahkan soal matematika ditinjau dari Taksonomi SOLO hanya mencapai level multistruktural, pada level ini siswa menggunakan dua informasi atau lebih dari soal dan siswa dapat menentukan rumus untuk memperoleh hasil akhir.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2021 11:45
Last Modified: 02 Aug 2021 04:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11319

Actions (login required)

View Item View Item