UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI BERWUDHU DENGAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI GOGODALEM 01 KEC. BRINGI N KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Ulfa, Fauziyah (2017) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI BERWUDHU DENGAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI GOGODALEM 01 KEC. BRINGI N KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img] Text
SKRIPSI FAUZIYAH ULFA 114 12 011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI materi berwudhu dengan metode Talking Stick pada siswa kelas II SD Negeri Gogodalem 01 Kec.Bringin Kab.Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Subyek penelitian sebanyak 16 orang, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki.Penelitian ini dilaksanakan pada 12 sampai 17 Desember 2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan mebandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I, II dan III diperoleh data seperti berikut: KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 70, sebelum menggunakan metode Talking Stick hanya ada 31 % (5 siswa) yang tuntas, sedangkan 69%(11 siswa) belum memenuhi KKM. Setelah penggunaan metode Talking Stick dalam pelajaran PAI pada siklus I diperoleh data 75% (12 siswa) tuntas dan 25% (4 siswa) tidak tuntas, sehingga terjadi peningkatan sebesar 44% dibandingkan pada prasiklus. Setelah itu dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan prestasi belajar pada siklus II yaitu sebesar 87% (14 siswa) tuntas dan 13% (2 siswa) belum memenuhi KKM. Dengan demikian dari siklus I kesiklus II terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 12%. Prosentase Kriteria Ketuntasan Klasikal pada siklus II ini mencapai 87% dengan nilai rata-rata 85. Dengan kata lain sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu prosentase Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85% dengan standar KKM 70. Namun masih ada 13% atau 2 peserta didik yang belum tuntas sehingga diadakan siklus III. Pada siklus 3 ini terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 13%. Prosentase kriteria ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan nilai rata-rata 86%. Dengan kata lain pada siklus III ini telah berhasil meningkatkan prestadi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:27
Last Modified: 09 Mar 2017 08:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item