YUSUF, MUHAMMAD (2021) PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN AKTUALISASI DIRI DI PANTI ASUHAN AL-HIDAYAH GEMURUH KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]
Text
Full Revisi Muhammad Yusuf 23010170053.pdf Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Yusuf. 2021. Pendidikan Keagamaan dan Aktualisasi Diri di Panti Asuhan Al-Hidayah Gemuruh Kabupaten Banjarnegara Tahun 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci : Pendidikan Keagamaan dan Aktualisasi Diri; Panti Asuhan; AlHidayah Banjarnegara Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan keagamaan dan pelaksanaan aktualisasi diri di panti asuhan Al-Hidayah Gemuruh, Banjarnegara. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan keagamaan dan pelaksanaan aktualisasi diri di panti asuhan Al-Hidayah Gemuruh, Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer berupa data hasil wawancara dan observasi yang berasal dari pengasuh, ustadz dan anak asuh panti asuhan Al-Hidayah Gemuruh kabupaten Banjarnegara, sedangkan sumber sekunder berasal dari dokumen di lokasi penelitian yang menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pendidikan keagamaan terlaksana dengan program-program keagamaan seperti: Pendidikan aqidah berupa kajian kitab Aqidatul Awam, pendidikan ibadah melalui kajian Fiqih dan pembiasaan ibadah maghdoh, pendidikan akhlak melalui kajian adab dan muamalah, program rumah Qur’an: sima’an Al-Qur’an, tahsin, tahfidz, (2) Sedangkan program aktualisasi yaitu: Pengembangan potensi fisik berupa kegiatan olahraga dan tapak suci, pengembangan potensi intelektual berupa kegiatan pelatihan bahasa arab, dan kewirausahaan, menumbuhkembangkan kemampuan berinteraksi dengan sesama, upaya mengembangkan minat bakat seperti memasak dan grup musik, pemberian penghargaan (3) Faktor yang mendukung pendidikan keagamaan di panti asuhan Al-Hidayah adalah adanya faktor internal ghirah dan motivasi diri, kemudian adanya faktor eksternal dorongan motivasi pengajar dan teman, metode dan media belajar yang menarik, suasana belajar yang kondusif. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu faktor internal suasana hati anak asuh, kondisi tubuh dan faktor lain berupa gedung terpisah, sarana prasana kurang terawat dan keterbatasan dana. (4) Faktor yang mendukung aktualisasi diri di panti asuhan Al-Hidayah ialah faktor internal berupa ketekunan anak dan faktor dari luar berupa dorongan orang lain dan proses latihan yang rutin sedang faktor penghambatnya ialah kurangnya pengetahuan potensi diri anak dan sarana yang kurang terawat serta kurangnya dana untuk membeli alat baru dan menghadirkan pelatih.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 12:14 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 05:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11320 |
Actions (login required)
View Item |