KESIAPAN MAHASISWA IAIN SALATIGA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN ONLINE (Studi Kasus: Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika Angkatan Tahun 2017, 2018 dan 2019)

Kamila, Zulfa (2021) KESIAPAN MAHASISWA IAIN SALATIGA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN ONLINE (Studi Kasus: Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika Angkatan Tahun 2017, 2018 dan 2019). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ZULFA KAMILA 23070160105_skripsi fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kamila, Zulfa, 2021. Kesiapan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Online (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Tadris Matematika IAIN Salatiga). Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M. Sc. Kata kunci: Kesiapan, Pembelajaran Online, Kesiapan Pembelajaran Online Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan mahasiswa Tadris Matematika IAIN Salatiga berdasarkan Self-directed learning computer/internet self-efficacy dan motivation for learning dalam melaksanakan pembelajaran online serta mengetahui kendala yang dihadapi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan mahasiswa dan sumber data sekunder yaitu dari buku yang relevan, jurnal, serta hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data ini dilakukan melalui wawancara dengan 15 mahasiswa yaitu dari angakatan tahun 2017, 2018 dan 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran online yang pertama, mahasiswa belajar secara mandiri yaitu dengan cara membagi waktu sesuai dengan kebutuhan serta tetap berusaha mencari solusi dengan cara bertanya kepada teman, kakak tingkat, dosen atau bahkan mencari materi tambahan dari sumber lain ketika mendapat sebuah kesulitan dalam memahami materi. Kedua, efikasi mahasiswa dalam menggunakan computer atau internet ditunjukkan dengan sudah banyaknya mahasiswa yang memiliki pemahaman atau pengetahuan serta rasa percaya diri dalam menjalankan fungsi dasar program Microsoft atau perangkat lunak yang digunakan untuk belajar online, akan tetapi masih ada beberapa mahasiswa yang belum sepeuhnya percaya diri dalam menjalankan program Microsoft atau perangkat lunak. Ketiga, motivasi mahasiswa untuk belajar ditunjukkan dengan semangat tetap belajar serta mengikuti kegiatan pembelajaran meski saat ini dilakukan secara online dan tetap berusaha ketika mendapati sebuah kendala atau kesulitan dalam belajar. Keempat, beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa yaitu, susahnya atau ketidakstabilan jaringan internet yang mengakibatkan kesulitan dalam mengirim tugas, mengunduh materi, komunikasi antar teman.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Aug 2021 11:22
Last Modified: 04 Aug 2021 11:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11337

Actions (login required)

View Item View Item