UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) MELALUI METODE PEER TEACHING PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 1 POLOBOGOKECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Awiroh, siti (2017) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) MELALUI METODE PEER TEACHING PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 1 POLOBOGOKECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi Siti Aniroh 11412005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kelas VI dikategorikan kelas TEMATIK yaitu prosos pembelajaran di kelas dengan berbasis tema yang menggabungkan beberapa mata pelajaran. Pembelajaran harus menyenangkan dan merangsang keaktifan siswa. Diperlukan banyak variasi metode dalam setiap pembelajarannya, agar tidak ada rasa jenuh dalam belajar. Metode peer teaching salah satu metode yang diambil untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Baca Tulis Alqur’an ditentukan oleh sekolah dengan KKM 60, pembelajaran yang muncul apakah metode peer teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Baca Tulis Alqur’an materi membaca surat pendek dan tanda baca waqof kelas IV SD Negeri Polobogo 01 tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode peer teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Baca Tulis Alqur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus yang dilakukan ada tiga yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis pengamatan dari hasil lembar observasi Kreativitas siswa dan guru, juga dari soal-soal evaluasi pre-test, tes formatif siklus I, siklus II, dan siklus III. Dari LKS dan tes performa siklus I, siklus II, dan siklus III. Data yang diperoleh dianalisis dan hasilnya sebagai kajian untuk refleksi serta sebagai pedoman untuk melaksanakan langkah-langkah tindakan selanjutnya agar metode peer teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kesimpulan hasil akhir menunjukkan bahwa pada mata pelajaran Baca Tulis Alqur’an materi membaca yang sesuai dengan tanda baca waqof pada surat pendek, metode peer teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar setiap siklus, yaitu siklus I (LKS 64%, membaca 52%, tes formatif 61%), siklus II (LKS 68%, membaca 73%, tes formatif 66%), dan siklus III (LKS 86%, membaca 82%, tes formatif 75%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2017 01:53
Last Modified: 10 Mar 2017 01:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item