NILAI-NILAI PENDIDIKAN DISIPLIN DAN SOSIAL DALAM KITAB TERJEMAHAN AL- MINAH AL- SANIYYAH KARYA ABDUL WAHAB AL-SYA’RANI

ROFIAH, IMROATUR (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DISIPLIN DAN SOSIAL DALAM KITAB TERJEMAHAN AL- MINAH AL- SANIYYAH KARYA ABDUL WAHAB AL-SYA’RANI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
IMROATUR ROFIAH 23010170390 FINAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rofiah, Imroatur. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Disiplin dan Sosial dalam Kitab Terjemahan Al-Minah Al-Saniyyah Karya Abdul Wahab Al-Sya’rani. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Instititut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rovi’in, M.Ag. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Disiplin dan Sosial, Kitab Terjemahan Al-Minah Al-Saniyyah Skripsi ini di latar belakangi terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat di mana terjadi pelanggaran terhadap aturan dari sikap anggota masyarakat yang tidak bisa berlaku disiplin. Selain itu masyarakat di hadapkan oleh semakin menurunnya nilai sosial, sehingga kehidupan masyarakat tidak bisa berjalan harmonis. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ialah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan disiplin dan sosial dalam kitab terjemahan Al-Minah Al-Saniyyah karya Abdul Wahab Al-Sya’rani serta implementasinya dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (library reseach), jenis penelitian yang berlandaskan studi pustaka yang fokus pada penelitian naskah dengan objek penelitian berupa terjemahan kitab Al-Minah Al-Saniyyah karya Abdul Wahab Al-Sya’rani. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan disiplin dan sosial dalam kitab terjemahan Al-Minah Al-Saniyyah karya Abdul Wahab Al-Sya’rani. Teknik analisis penelitian ini dengan menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu metode yang sistematik untuk menganalisis data dan mengkaji data serta dikuatkan dengan penelitian terdahulu seperti buku, jurnal, kitab, dan lainnya. Hasil yang diperoleh setelah menganalisis isi dari kitab terjemahan Al-Minah Al-Saniyyah karya Abdul Wahab Al-Sya’rani yaitu: 1) Nilai-nilai pendidikan disiplin dalam kitab terjemahan Al-Minah Al-Saniyyah sebagai berikut; a) Disiplin waktu b) Disiplin menegakkan aturan c) Disiplin pada sikap d) Disiplin dalam menjalankan ibadah. Nilai-nilai pendidikan sosial dalam kitab terjemahan Al-Minah Al-Saniyyah sebagai berikut; a) Kepedulian b) Kekeluargaan c) Tanggung jawab d) Keadilan e) Toleransi. 2) Implementasi nilai pendidikan disiplin dalam kitab tejemahan Al-Minah Al-Saniyyah yaitu; a) Disiplin waktu dilakukan dengan membuat jadwal kegiatan dan skala prioritas b) Disiplin menegakkan aturan dengan memiliki kesadaran untuk melaksanakan aturan c) Disiplin sikap dengan semua komponen masyarakat membina dan membimbing bagaimana bersikap yang baik. d) Disiplin dalam beribadah dengan memberikan pendidikan, penghayatan serta pembiasaan. Implementasi nilai pendidikan sosial dalam kitab terjemahan Al-Minah Al-Saniyyah di kehidupan masyarakat; a) Rasa kasih sayang diimplementasikan dengan silaturahmi b) Untuk bisa tanggung jawab dengan meyakini amanah Allah akan dimintai pertanggung jawaban. c) Keserasian hidup diupayakan dengan cara; menanamkan nilai keadilan dalam masyarakat, saling menghormati dan menghargai melalui rasa toleransi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2021 10:21
Last Modified: 15 Aug 2021 03:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11384

Actions (login required)

View Item View Item