Adnani, Faricha Avi (2021) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2020/ 2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI_FARICHA AVI ADNANI 23040170129.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Adnani, Faricha Avi. 2021. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Kelas 4 Sekolah Dasar Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah program yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan. Gerakan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang literasi. Gerakan literasi ini aktivitasnya banyak dilakukan di sekolah dengan melibatkan seluruh warga sekolah baik itu peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan serta orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana program Gerakan Literasi Sekolah tersebut diimpelentasikan di kelas 4 SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021, berbagai faktor yang mendukung, menghambat dalam kegiatan tersebut, serta upaya penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di kelas 4 SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum, ketua pengurus gerakan literasi sekolah, dua orang guru dan dua orang siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Hasil penelitian tentang implementasi Gerakan Literasi Sekolah di kelas 4 SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga ini menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah diimpelementasikan dalam beberapa kegiatan pembiasaan seperti kegiatan membaca selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran serta beberapa program kegiatan dalam bidang literasi untuk mendukung perkembangan literasi seluruh warga sekolah. Faktor-faktor yang mendukung dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah di kelas 4 SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga ini diantaranya mempunyai SDM yang ahli dalam bidang literasi, aktif mengikuti pelatihan-pelatihan serta adanya kerjasama antara guru dan orang tua siswa serta ketersediaan fasilitas. Faktor yang menghambat yaitu adanya masa pandemi covid 19 dan antusias siswa yang belum stabil. Solusi penyelesaiannya yaitu kerjasama dan dukungan seluruh warga sekolah untuk selalu melakukan inovasi-inovasi setiap kegiatan agar selalu ada pembaharuan untuk meningkatkan minat peserta didik.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Aug 2021 21:25 |
Last Modified: | 17 Aug 2021 15:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11388 |
Actions (login required)
View Item |