UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDISIPLINKAN PENGAMALAN IBADAH SISWA DI MTs NU Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021

HANDAYANI, SISCA TRI (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDISIPLINKAN PENGAMALAN IBADAH SISWA DI MTs NU Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Sisca Tri Handayani 23010160244.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tri Handayani, Sisca. 2021. Skripsi. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendisiplinkan Pengamalan Ibadah Di MTs Nu Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M. Pd. I Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Mendisiplinkan, Pengamalan Ibadah, Siswa Tujuan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis adalah 1). Untuk mengidentifikasi bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisplinkan pengamalan ibadah pada siswa MTs. NU Ungaran. 2). Untuk mengindentifikasi apa saja faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisiplinkan pengamalan ibadah siswa di MTs NU Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. 3) Untuk mengidentifikasi dampak upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisplinkan pengamalan ibadah pada siswa MTs. NU Ungaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan tenaga pendidik, siswa serta siswi MTs NU Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang, sebagai sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan, pertama. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisiplinkan pengamalan ibadah pada siswa MTs NU Ungaran melalui metode pembiasaan, metode pengawasan, pemberian hadiah, hukuman dan motivasi dalam mendisiplinkan pengamalan ibadah dilakukan melalui oleh para Guru PAI atau guru yang lain kepada peserta didik di MTs NU Ungaran. Kedua, faktor pendukung Internal upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisiplinkan pengamalan ibadah pada siswa MTs NU Ungaran meliputi: motivasi diri peserta dan kemampuan peserta didik. Faktor eksternal pendukung meliputi: tersedianya masjid pada MTs Nu dan lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa yang aktif mengadakan kajian rutin atau majelis ta’lim, kegiatan keagamaan lain-Nya, serta sarana prasaran serta sumber belajar yang cukup dalam belajar kedisiplinan keagamaan. Faktor penganghambat eksteml dalam upaya pendidikan guru PAI di MTs NU: andanya problematika dalam keluarga baik masalah ekonomi, broken home, atau kurangnya perhatian keteladan keluarga, serta guru yang kurang maksimal daam mendidik siswa. Faktor penghambat internal meliputi: mengurangnya motivasi diri siswa disebabkan sebab adanya sakit keras atau adanya problem keluarganya. Ketiga, siswa terbiasa sholat berjamaah dzhuha disekolah, siswa aktif dalam kegiatan mujahadah, siswa MTs Nu selalu berbudaya sopan santun salam dengan guru, serta siswa selalu metaati peraturan sekolah dan menjaga kebersihan lingkungan sebagai dampak dalam bentuk kedisiplinan ibadah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2021 11:16
Last Modified: 19 Aug 2021 04:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item