IMPLEMENTASI VIDEO DONGENG CERRIA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI RENDAH HATI KELAS III MI MA'ARIF MANGUNSARI SALATIGA

Imama, Aisyah Nurma Muttaqina (2021) IMPLEMENTASI VIDEO DONGENG CERRIA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI RENDAH HATI KELAS III MI MA'ARIF MANGUNSARI SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AISYAH NURMA MUTTAQINA IMAMA 23040170054.pdf

Download (2MB)
[img] Text
AISYAH NURMA MUTTAQINA IMAMA 23040170054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi video dongeng CERRIA pada pembelajaran akidah akhlak dalam materi rendah hati. Untuk mengetahui seberapa besar minat dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media video dongeng CERRIA. Mengetahui kendala atau hambatan serta solusi dalam pengimplementasian video dongeng CERRIA materi rendah hati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yakni hasil wawancara dengan kepala sekolah, kreator Video Dongeng CERRIA, dan guru akidah akhlak Kelas 3, serta sumber data yang lain yaitu observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, analisa data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pengimplementasian video dongeng CERRIA guru memerlukan beberapa tahap, yaitu: 1) apersepsi; 2) penayangan video dongeng CERRIA; 3) diskusi; dan 4) evaluasi. Minat dan hasil belajar siswa juga menunjukkan pengingkatan yang signifikan. Secara kognitif hasil belajar siswa dapat diukur dengan nilai berupa angka. Dari rata-rata awal yang hanya 85 menjadi 97 yang berarti terjadi peningkatan sebesar 14,12%. Sedangkan penilaian secara afektif dapat diukur melalui kebiasaan siswa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah seperti menjadi semakin rendah hati, ramah, jujur, dan rajin membantu kepada sesama teman, guru, dan seluruh warga sekolah. Proses pembuatan dan pengimplementasian video mengalami kendala seperti; 1) perangkat dan fasilitas kurang mendukung; 2) waktu pembuatan cukup lama; 3) ruangan terbatas; 4) siswa yang terlalu fokus pada gambar. Guru MI Ma’arif Mangunsari juga memiliki solusi antara lain; 1) pembuatan jadwal rutin peminjaman fasilitas; 2) penggunaan metode lain selain video dongeng; 3) rencana pembuatan studio khusus; dan 4) pemberian penjelasan di sela-sela materi

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2021 13:17
Last Modified: 19 Aug 2021 06:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11403

Actions (login required)

View Item View Item