PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V MIN GUBUG KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

utami, septi (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V MIN GUBUG KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi Septi Utami 11510016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya mata pelajaran IPA melalui metode pembelajaran Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada siswa kelas V MIN Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih banyak dibawah KKM pada pelajaran IPA dan keadaan siswa kelas V MIN Gubug yang kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Serta guru yang monoton dan kurang bervariasi menggunakan metode pembelajaran misalnya sering menggunakan metode ceramah saja. Sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan, sedangkan metode pembelajaran yang lain khususnya metode Discovery Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan langkah-langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode Discovery Learning. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam materi sifat-sifat cahaya melalui metode Discovery Learning dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 10 siswa atau 29,41%. Pada siklus II siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 30 siswa atau 88,23% meningkat 58,82% dari siklus I. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa, penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V MIN Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2016/2017. Dengan demikian, penggunaan metode Discovery Learning dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2017 02:28
Last Modified: 10 Mar 2017 02:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1141

Actions (login required)

View Item View Item