Darmawan, Thony Rohmad (2016) Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada ABK Tunarungu SMPLB N Salatiga. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
TEKNIK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU Studi Kasus SM.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui teknik pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SMPLB Negeri Salatiga. Hal ini menjadi penting melihat persoalan yang di hadapi pada anak tunarungu dalam mengikuti pembelajaran mengalami kesulitan disebabkan memiliki inteligensi rendah untuk berfikir secara abstrak. Oleh karena itu, guru dalam penyampaian materi harus menggunakan teknik yang dapat diketahui langsung oleh siswanya. Rumusan masalah pada penelitian tersebut yaitu: (1) Bagaimana teknik pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu di SMPLB Negeri Salatiga?, (2) Bagaimana karakteristik pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SMPLB Negeri Salatiga?, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SMPLB Negeri Salatiga? Metode yang dilakukan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Responden adalah Kepala Sekolah, guru PAI, anak tunarungu, dan orangtua anak tunarungu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi. Data dikumpulkan berdasarkan catatan lapangan dan observasi kemudian data ditranskip menjadi data yang lengkap. Hasil penelitian yang didapat, serta guru di SMPLB Negeri Salatiga dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan teknik yakni teknik artikulasi, dan teknik latihan. Karakteristik pembelajaran Pendidikan Agam Islam sama dengan sekolah umum tetapi berbeda pada aplikasi pembelajaran di materi, waktu dan jadwal pembelajaran juga berbeda dengan sekolah umum. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu guru mengajar sesuai dengan profesionalnya, guru selalu menjunjung tinggi etos kerja, SMPLB Negeri Salatiga keberadaannya didukung oleh masyarakat setempat. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan siswa dalam masuk sekolah, perhatian yang kurang dari wali murid kepada anaknya yang mengalami ketunarunguan, kurangnya guru Pendidikan Agama Islam dan kurangnya guru terapi khusus anak tunarungu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 03:13 |
Last Modified: | 10 Mar 2017 03:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1142 |
Actions (login required)
View Item |