kasanah, Mifta binti (2021) Pola interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran daring di SD IT Mutiara Hati Ngadirojo Kab.wonogiri. [UNSPECIFIED]
Text
MIFTA BINTI KASANAH 23040170095.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mifta, Binti Kasanah. 2021. Pola Interaksi Antara Guru dan Siswa Selama Pembelajaran Daring di SD IT Mutiara Hati Ngadirojo Kab.Wonogiri. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institute Agama Islam Negeri Saalatiga. Dosen Pembimbing ibu Peni Susapti, S. Si., M. Si Kata Kunci : pola interaksi, guru, siswa, pembelajaran daring Penelitian ini berlatar belakang pada implementasi pola interksi antara guru dan siswa selama pembelajaran daring, yang tentunya akan ada banyak sekali ditemukan masalah yang berkaitan dengan interaksi guru dan siswa selama pembelajaran daring. Ada berbagai macam karakteristik anak yang membuat guru harus ekstra dalam menyampaikan pembelajaran jarak jauh ini. Adanya truble akan menjadi tugas baru seorang guru karna minimnya pembelajaran tatap muka yang di lakukan membuat minimnya pola interkasi antara guru dan siswa secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran daring, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pola interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran daring di SD IT Mutiara Hati Ngadirojo Kab.Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif. Teknik pengumupulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dilakukan wawancara kepada beberapa guru kelas atas dan guru kelas bawah, lalu data yang diambil akan dianalisa dan ditelaah, setelah itu data akan di bagi menjadi beberapa yaitu paparan data, analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil temuan data menunjukan bahwa pola interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran daring di SD IT Mutiara Hati Ngadirojo sangat baik, karna guru dituntun untuk memberikan motivasi anak agar interaksi yang di jalin semakin baik, guru juga dituntun selalu aktif maka dari itu pola satu arah, pola dua arah dan pola segala arah bisa berjalan dengan lancar. Faktor pendukung dari pola interaksi antara guru dan siswa adalah sarana prasarana yang memadahi seperti handphone, whatsapp, Microsoft teams, dan Faktor penghambat dari pola interaksi yaitu sinyal dan kurangnya peran orang tua dalam mengawasi anak saat pembelajaran daring berlangsung.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 09:37 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 03:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11425 |
Actions (login required)
View Item |