Sari, Sifha Hanadia (2021) Peran Orangtua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Wonorejo 04 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Skripsi_Sifha Hanadia S-23040170092-PGMI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peran orangtua siswa kelas II dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN Wonorejo 01, (2) mengetahui faktor apa sajakah yang menghambat berjalannya proses pembelajaran daring siswa kelas II pada masa pandemi covid-19 di SDN Wonorejo 01, (3) mengetahui faktor apa sajakah yang mendukung berjalannya proses pembelajaran daring siswa kelas II pada masa pandemi covid-19 di SDN Wonorejo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini yaitu guru kelas 2 dan 5 orangtua dengan berbagai profesi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Peran orangtua dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas II pada masa pandemi covid-19 di SDN Wonorejo 01, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Tahun 2020 yaitu orangtua berperan menjadi guru, menjadi fasilitator, menjadi motivator, serta sebagai pengaruh. (2) Faktor yang menghambat berjalannya proses pembelajaran daring siswa kelas II pada masa pandemi covid-19 di SDN Wonorejo 01, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Tahun 2020 yaitu latar belakang pendidikan orangtua, keterbatasan smartphone dan kuota internet yang mahal, pembagian waktu orangtua murid yang bekerja, jumlah anggota keluarga, serta kurangnya fasilitas yang diberikan sekolah seperti peminjaman buku paket tematik kepada siswa. (3) Faktor yang mendukung proses pembelajaran daring siswa kelas II pada masa pandemi covid-19 di SDN Wonorejo 01, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Tahun 2020 yaitu teknologi yang memadai, pendidik yang mahir sehingga mampu menguasai serta mendesain berbagai macam pembelajaran dengan baik, dan tempat yang nyaman dan tenang agar anak tetap fokus pada pembelajaran.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 10:32 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 10:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11426 |
Actions (login required)
View Item |