PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANGGOTA KARANG TARUNA DI DUSUN KARANGGONDANG DESA GUNUNG TUMPENG KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

MAHENDRA, RICKY ACHMAD EKA (2021) PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANGGOTA KARANG TARUNA DI DUSUN KARANGGONDANG DESA GUNUNG TUMPENG KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakter religius dan sikap tanggung jawab merupakan bagian kecil dari kriteria yang harus dimiliki setiap manusia. Karena untuk menjadi manusia seutuhnya dapat dikatakan sebagai tujuan hidup disamping melakukan kewajiban untuk beribadah kepada Sang Maha Kuasa. Bermasyarakat yang baik merupakan bagian dari hablum minannas atau mampu berhubungan dengan manusia lain dengan baik. Adapun yang menjadi permasalahannnya adalah 1) Bagaimana pembinaan karakter religius pada anggota Karang Taruna di Dusun Karanggondang Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang Tahun 2020. 2) Bagaimana pembinaan sikap tanggung jawab pada anggota Karang Taruna di Dusun Karanggondang Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang Tahun 2020? 3) Apa hambatan dan pendukung dalam kegiatan Karang Taruna di Dusun Karanggondang Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang Tahun 2020? Fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pembinaan karakter religius pada anggota Karang Taruna di Dusun Karanggondang Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang Tahun 2020. 2) Untuk mengetahui pembinaan sikap tanggung jawab pada anggota Karang Taruna di Dusun Karanggondang Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang Tahun 2020. 3) Untuk mengetahui hambatan dan pendukung dalam kegiatan Karang Taruna di Dusun Karanggondang Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang Tahun 2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di Dusun Karanggondang Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Metode penelitian menggunakan metode wawancara, pengumpulan data observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anggota Karang Taruna, pengurus Karang Taruna dan tokoh masyarakat. Peneliti berperan sebagai pewawancara langsung untuk mendapatkan data yang dibutuhkan kepada subjek penelitian. Analisis penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Hasil penelitian Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa pembinaan karakter religius pada anggota Karang Taruna Dusun Karanggondang Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2020 secara garis besar telah mampu menerapkan karakter religius dengan ditandai ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan keagamaan yang telah menjadi program kerja Karang Taruna. Dampak kongkrit dari program kerja ini adalah terciptanya suasana sosial kemasyrakatan yang positif dan kondusif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2021 15:12
Last Modified: 24 Sep 2021 15:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item