Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Semester 2 MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016

Yusro, Muhammad Habib (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Semester 2 MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi jadi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran IPS banyak dari guru yang memahami sebagai pelajaran yang sifatnya menghafal dan guru kurang memperhatikan tentang pemahaman siswa, oleh karena itu siswa di tuntut untuk selalu menghafal pelajaran sehingga siswa merasa jenuh dan tertekan. Pada umumnya semua guru menginginkan semua siswanya mampu memahami semu pelajaran, sehingga guru melakukan tekanan-tekanan yang bersifat memaksa. Maka dari itu dan pelajarann IPS kurang diminati siswa. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan media gambar pada siswa kelas IV semester 2 MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi obeservasi, dokumentasi, dan tes. Melalui penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi pada siswa kelas IV semester 2 MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Dari pra siklus siswa yang mencapai KKM hanya 8 siswa. Oleh karena itu, dilanjutkan siklus I. Dari siklus I siswa yang mencapai KKM 11 siswa. Dan siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 siswa. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa pembelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Pada Kelas IV Semester 2 MI Maarif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat meningkatkan hasil belajar dengan di buktikan data di atas. Indikator keberhasilan siswa yang mencapai KKM sebesar 89, 47%, dengan data tersebut penelitian ini sudah terbukti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2017 04:33
Last Modified: 10 Mar 2017 04:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item