Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pada Masa Pembelajaran Daring di MTs Negeri 1 Magelang Tahun 2021

YULIYATI, TRI (2021) Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pada Masa Pembelajaran Daring di MTs Negeri 1 Magelang Tahun 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
TRI YULIYATI 23010170324.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yati, Tri Yuli. 2021. Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pada Masa Pembelajaran Daring di MTs Negeri 1 Magelang Pada Tahun 2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Facthurrohman, M.Pd. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru, Pembelajaran Daring. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru pada masa pembelajaran daring di MTs Negeri 1 Magelang. 2) Mengetahui Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada masa pembelajaran daring di MTs Negeri 1 Magelang. 3) Mengetahui Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada masa pembelajaran daring di MTs Negeri 1 Magelang. 4) Mengetahui Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru pada masa pembelajaran daring di MTs Negeri 1 Magelang. 5) Mengetahui Problematika yang di hadapi Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pembelajaran daring di MTs Negeri 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini bertempat di MTs Negeri 1 Magelang yang dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru, staf TU, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan humas. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan dokumentasi. Pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dengan model interaktif, yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pembelajaran daring sudah berhasil hal ini dapat di lihat dari kinerja pendidik yang baik dengan upaya-upaya yang dilakukan. 1) Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dengan mengadakan pembinaan berupa rapat rutinan. 2) kepala madrasah selalu mengikut sertakan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 3) kepala madrasah mengikut sertakan guru-guru dalam pelatihan (workshop), pelatihan perangkat pembelajaran, kurikulum dan kegiatan yang terkait dengan peningkatan kompetensi profesionsl guru. 4) kepala selalu memberikan pembinaan terkait akhlak seorang guru, cara berkomunikasi dengan siswa maupun dengan wali murid, serta bagaimana bergaul dengan sesama. 5) Problematikanya yaitu masih ada salah satu guru yang belum termotivasi untuk mengembagkan profesinya, akan tetapi bapak kepala madrasah selalu memberikan motivasi sehingga problematika tersebut dapat terselesaikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2021 14:45
Last Modified: 28 Sep 2021 07:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11499

Actions (login required)

View Item View Item