PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP ENERGI MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS III DI SDN PEDALANGAN 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Rochmah, Siti Nuur (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP ENERGI MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS III DI SDN PEDALANGAN 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Nuur Rochmah_11511065.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar (SD) memiliki hasil belajaryang rendah, dimana hal ini tidak terlepas dari sistem pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Oleh karena itu penelitian ini untuk memperbaiki kondisi tersebut. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini, apakah model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA konsep energi pada siswa kelas III di SDN Pedalangan 02 Kecamatan Banyumanik Kota semarang. Model Quantum Learning merupakan model pembelajaran yang membiasakan anak didik dapat belajar dengan menyenangkan. Penerapan model ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga pada akhirnya siswa dapat meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh . Quantum Learning menyatukan permainan, hiburan, cara berpikir dan bersikap positif, kebugaran fisik, serta kesehatan emosional yang terpelihara yang dikemas secara sinergi dalam aktivitas pembelajaran yang mendorong terjadinya belajar yang efektif sehingga memungkinkan terjadinya percepatan belajar.Penerapan model ini dilakukan dengan beberapa tindakan, yaitu tindakan siklus I, tindakan siklus II, dan tindakan siklus III. Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama dalam penelitian ini yang mencakup hasil dari pra siklus, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar IPA konsep energi pada siswa kelas III SDN Pedalangan 02 Banyumanik. Hasil belajar meningk at secara signifikan yaitu 90%. Hal ini terbukti nilai rata-rata kelas pada pra siklus 62, 25% dengan 10 siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 71, 29% dengan 16 siswa yang mencapai KKM pada siklus pertama meningkat menjadi 79, 60% dengan 23 siswa yang mencapai KKM pada siklus kedua dan meningkat menjadi 81, 43% dengan 26 siswa yang mencapai KKM pada siklus ketiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2016 06:17
Last Modified: 11 Feb 2016 06:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item