ANALISIS SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI BANGUN RUANG PADA BUKU MATEMATIKA KELAS V KURIKULUM 2013 PENERBIT KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA

, RAHMA EKA SARI (2021) ANALISIS SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI BANGUN RUANG PADA BUKU MATEMATIKA KELAS V KURIKULUM 2013 PENERBIT KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
23040170009_Rahma_Eka_Sari_.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sari, Rahma Eka. 2021. Analisis Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Materi Bangun Ruang pada Buku Matematika Kelas V Kurikulum 2013 Penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institusi Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Analisis Soal, Materi Bangun Ruang, Taksonomi Bloom Revisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, kategori, dan proporsi soal-soal HOTS pada materi bangun ruang buku matematika kelas V penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kurikulum 2013 berdasarkan Taksonomi Bloom revisi Anderson Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis data dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini meliputi analisis soal berdasarkan taksonomi Bloom revisi, mengklasifikasikan soal dalam kategori keterampilan berpikir, menghitung presentase hasil analisis soal HOTS dan penarikan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Berdasarkan analisis yang telah dilaksankan oleh peneliti bahwa pada Soal HOTS dalam materi bangun ruang pada buku matematika kelas V penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu sebanyak 35% (84 soal dari total 240 soal). Soal HOTS tersebut berada dalam ranah kognitif C4 (menganalisis) sebanyak 24,17% (58 soal), C5 (menilai) sebanyak 3,75% (9 soal), C6 menciptakan sebanyak 7,08% (17 soal). Adapun untuk soal yang lain masuk dalam kategori soal MOTS, yaitu berada dalam ranah kognitif C3 (menerapkan) sebanyak 53,75% (129 soal) dan C2 (memahami) sebanyak (11,25%). Sedangkan untuk soal LOTS dalam materi bangun ruang tidak ditemukan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2021 13:08
Last Modified: 29 Sep 2021 13:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item