POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DARI RUMAH DI TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 19 KELURAHAN MANGUNSARI KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN 2021

INDARWATI, HESTI PRATIWI (2021) POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DARI RUMAH DI TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 19 KELURAHAN MANGUNSARI KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
HESTI PRATIWI INDARWATI 23050170004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Dari Rumah. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Dari Rumah di Tk Islam Tarbiyatul Banin 19 Kelurahan Mangunsari Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sember data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara dengan Kepala Sekolah dan Orang Tua Siswa, sedangkan sumber data sekunder yakni dikumpulkan dari observasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa orang tua menggunakan model pola asuh demokratis, anak dari orang tua tunggal yang menanamkan bentuk pola asuh demokratis nampak menampilkan perilaku moral yang baik sesuai dengan harapan. Karena dalam pola asuh ini orang tua memberikan kesempatan berdialog serta memperhatikan dan menghargai hak-hak anak. Orang tua memberikan batasan terhadap anak mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Akan tetapi tidak semua yang dilakukan anak itu benar. Jadi orang tua tetap mengawasi yang dilakukan anak. Jika anak melakukan kesalahan maka orang tua memberikan contoh yang benar dan menyarankan anak untuk melakukan yang benar.Faktor penghambat dan pendukung dapat disimpulkan bahwa ada pengasuh anak selain orang tua. Yaitu kakaknya, kakek atau nenek, sanak saudara dan ada yang meminta tolong tetangganya untuk mengasuh dan mengontrol anaknya. Orang tua selalu mendampingi anak belajar dan membantu dalam menyelesaikan tugas anak. Waktu yang digunakan orang tua untuk berinteraksi dengan anak antara sore sampai malam. Untuk mendidik dan mendampingi anak yang dilakukan orang tua adalah memotivasi anak dan memberikan semangat. Ada juga dengan imingiming yang diinginkan anak supaya anak semangat belajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2021 20:08
Last Modified: 08 Oct 2021 20:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11551

Actions (login required)

View Item View Item