PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN AKTUALISASI DIRI ANAK DI PANTI ASUHAN ABU HURAIRAH SALATIGA TAHUN 2021

Junianti, Marga Nur (2021) PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN AKTUALISASI DIRI ANAK DI PANTI ASUHAN ABU HURAIRAH SALATIGA TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Marga Nur J 23010170114 FIX !.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ( 1) Bagaimana pembinaan keagamaan terhadap anak di panti Asuhan Abu Hurairah Salatiga, (2)Bagaimana aktualisasi diri anak. (3)Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan keagamaan dan aktualisasi diri anak. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data skunder . Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data lalu penyajian data dari itu kita tarik kesimpulan dan memverifikasi, keabsahan data yang diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Pembinaan keagamaan anak Panti Asuhan Abu Hurairah, terdapat beberapa kegiatan yaitu sholat berjamaah, mengaji Al Qur’an, hafalan surat pendek, jadwal adzan dan bilal, kultum, pembiasaan puasa senin – kamis, sholat sunnah. Materi yang disampaikan mulai dari materi tentang sholat, makhorijul huruf, fiqih, penyampaian hadits. Materi ataupun kegiatan harus mengikuti keputusan tarjih Muhammadiyah. Petugas pembinaan agama adalah pengasuh, pemuda Muhammadiyah dan pemateri yang didatangkan donator. Strategi yang diterapkan yaitu hadiah dan hukuman. (2) Aktualisasi diri anak Panti Asuhan Abu Hurairah dibuktikan dalam hasil nilai yang bagus, meraih beberapa prestasi, dan dapat mengembangkan bakat yang dimiliki. Ada program yang mendukung untuk anak agar dapat mengaktualisasikan diri.(3) Faktor yang menghambat dan mendukung anak Panti Asuhan Abu Hurairah yaitu sebagai berikut faktor penghambat berasal dari latar belakang anak yang berbeda dan anak yang suda terkontaminasi dengan sosial media sehingga merasa minder ketika melihat konten yang menampakkan kekayaan. Faktor pendukung anak sadar bahwa ilmu agama penting bagi mereka dan adanya sarana prasarana yang diberikan oleh pihak DINSOS, LKSA, ataupun donator lainya. Adanya dorongan dan motivasi dari keluarga, teman, dan pihak panti.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2021 03:33
Last Modified: 09 Oct 2021 21:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11567

Actions (login required)

View Item View Item