PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM, KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI (Studi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Salatiga)

Nirfananda, Ahmad Miftakhul (2021) PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM, KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI (Studi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Ahmad Miftakhul Nirfananda zz.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nirfananda, Ahmad Miftakhul. 2021. Pengaruh Etika Kerja Islam, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Mediasi Komitmen Organisasi (Studi Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Salatiga). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1- Manajemen Bisnis Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Nafis Irkhami, M. Ag., M. A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika kerja Islam, kepuasan kerja dan budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan mediasi komitmen organisasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Salatiga. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner yang diberikan pada karyawan BKPSDM Salatiga dengan mengambil sampel sebanyak 31 orang. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan menggunakan bantuan IBM SPSS. Analisis penelitian yang dilakukan meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji signifikasi simultan, uji parameter individual dan path analysis (analisis jalur). Hasil pengujian penelitian ini: (1) Etika kerja Islam tidak berpengaruh terhadap OCB. (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap OCB. (3) Budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap OCB. (4) Komitmen organisasi tidak mampu memediasi etika kerja Islam. (5) Komitmen organisasi mampu memediasi kepuasan kerja dan OCB. (6) Komitmen organisasi mampu memediasi budaya organisasi terhadap OCB. Kata Kunci: Etika kerja Islam, kepuasan kerja, budaya organisasi, komitmen organisasi, Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 22:16
Last Modified: 11 Oct 2021 15:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11578

Actions (login required)

View Item View Item