Fitriyan, Fahris Maf'ul Siril (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB ARBAIN NAWAWI KARYA IMAM AN-NAWAWI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
FAHRIS MAFUL SIRIL FITRIYAN 23010170330.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitriyan, Fahris Maf‘ul Siril. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Kitab Arba‟in Nawawi Karya Imam An-Nawawi. Skripsi, Salatiga: progam studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan Tauhid, Kitab Arbain Nawawi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan tauhid di dalam kitab Arbain Nawawi karya Imam An-Nawawi. Pertanyaan yang ingin dijawab di dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan tauhid dalam kitab Arbain Nawawi? 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan tauhid dalam dalam kitab Arbain Nawawi karya Imam Nawawi dengan praktik pendidikan tauhid masa kini?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (literature). Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu menggunakan Kitab Arbain Nawawi karya Imam Nawawi sebagai sumber data primer dan data sekunder peneliti mencari serta mengumpulkan berbagai buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan pembahasan nilai-nilai pendidikan tauhid. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research) dengan menguraikan hadis-hadis yang terdapat pada kitab Arbain Nawawi yang berhubungan dengan pendidikan tauhid, kemudian peneliti menjelaskan hadis-hadis tersebut serta menganalisis penjelasan yang sesuai dengan rumusan masalah yang ingin dijawab. Kemudian peneliti menarik kesimpulan sebagai hasil dari pokok permasalahan. Hasil analisis yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa di dalam kitab Arbain Nawawi mengandung nilai-nilai pendidikan tauhid, yaitu nilai tauhid uluhiyah yang meliputi nilai iman, Islam, ihsan, takwa dan ikhlas. Kitab Arbain Nawawi ini masih relevan pada masa kini sehingga dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk menanamkan pendidikan tauhid dengan menggunakan konsep-konsep yang rasional atau dengan suatu teori yang lebih adaptif dan mudah untuk diterima, sehingga keimanan dapat dipahami serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 21:19 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 21:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11597 |
Actions (login required)
View Item |