Sulistyowati, Anggraini (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VII SMP AHMAD DAHLAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
ANGGRAINI SULISTYOWATI 23070170003_compressed.pdf Download (4MB) |
Abstract
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi dengan design The Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ahmad Dahlan Sukoharjo. Penarikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan total sampel 53 siswa, 27 siswa untuk kelas eksperimen 1 dan 26 siswa untuk kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda rata-rata menggunakan Independent Sample t Test (Uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada penelitian ini memiliki persentase nilai sebesar 57,54% dengan kriteria Cukup (2) Tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada penelitian ini memiliki persentase nilai sebesar 54,67% dengan kriteria Kurang (3) Berdasarkan nilai posttest menggunakan rumus uji t-test diperoleh hasil asym.sig 0,518 > 0,05, maka H0 diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model Problem Posing dengan siswa yang diajar menggunakan model Problem Solving
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 18:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 11:36 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11602 |
Actions (login required)
View Item |