STRATEGI DAKWAH PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI KEIMANAN MUALLAF (STUDI KASUS DESA GETAS KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG)

SARI, SUSI RATNA (2021) STRATEGI DAKWAH PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI KEIMANAN MUALLAF (STUDI KASUS DESA GETAS KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Susi Ratna Sari43020170042 pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

yang digunakan penyuluh agama Islam dalam upaya mempertahankan nilainilai keimanan muallaf, dan apa yang menjadi faktor penghambat dan pendorong dalam melakukan pembinaan terhadap muallaf. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni dari hasil wawancara secara langsung kepada penyuluh agama Islam dan muallaf binaan di Desa Getas, dan data sekunder berupa foto-foto kegiatan terkait pembinaan untuk muallaf, dokumentasi muallaf, daftar hadir pembinaan muallaf, catatan materi dalam pembinaan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumnetasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pembinaan muallaf dengan strategi yang tepat sasaran dapat mempertahankan keimanan muallaf. Melalui strategi dakwah yang digunakan penyuluh agama Islam, terlihat bahwa masyarakat muallaf mampu mempelajari agama Islam dengan baik dan terdorong untuk mengamalkan ajaran Islam. Adapun strategi dakwah yang digunakan antara lain : 1) Melakukan pendekatan kepada muallaf dengan mendirikan majelis taklim khusus untuk binaan muallaf, 2) Mendirikan Rumah Belajar Anak (RBA) untuk meningkatkan pendidikan keagamaan maupun umum kepada muallaf, 3) Memberikan motivasi kepada muallaf melalui metode dakwah bil-lisan dan bil-hal, 4) Penguatan ekonomi muallaf melalui Program Moderasi Muallaf Mandiri (M.Tri)

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2021 17:10
Last Modified: 15 Oct 2021 10:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item