cahyani, Okmy intan (2021) Pengaruh celebrity worship dan kesepian terhadap kecenderungan adiksi internet pada remaja penggemar kpop. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi OKMY INTAN CAHYANI - 43040170025.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian skripsi ini ialah untuk mengetahui pengaruh celebrity worship dan kesepian secara bersama–sama dan secara parsial (individu) terhadap kecederungan adiksi internet pada remaja penggemar K-pop. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausalitas. Populasi dari penelitian ini adalah semua remaja penggemar Kpop yang berdomisili di JABODETABEK. Besarnya populasi pada penelitian ini dan keterbatasan penelitian maka peneliti menetapkan jumlah sampel minimal 100 orang responden. Sampel pada penelitian ini ditentukan melaui teknik purposive sampling dengan karakteristik remaja penggemar K-pop, sudah menyukai K-pop setidaknya selama 1 tahun, berusia 11-21 tahun, dan berdomisili di JABODETABEK. Jumlah sampel yang berhasil didapat sebanyak 210 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga jenis skala yaitu, skala celebrity worship terdiri 21 butir (α = 0,897), skala kesepian yang terdiri 11 butir (α = 0,920), dan skala kecenderungan adiksi internet yang terdiri 27 butir (α = 0,903). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linier berganda dengan variabel independen celebrity worship (X1) dan kesepian (X2) dan variabel dependen yaitu kecenderungan adiksi internet (Y) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif signifikan antara celebrity worship dan kesepian dengan kecenderungan adiksi internet pada remaja penggemar K- Pop, dengan sumbangan sebesar 0.482 atau 48,2% (R2) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian, serta diperoleh nilai F = 98,128>3,040; dan p=0,000<0,05. Dengan kata lain model yang diajukan yaitu kecenderungan adiksi internet pada remaja penggemar K-pop dengan prediktor celebrity worship dan kesepian dapat terkonfirmasi dengan data empirik. Celebrity worship dan kesepian berpengaruh terhadap kecenderungan adiksi internet sebesar 0,482 atau 48,2% (R2) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 51,8%; 2) terdapat pengaruh positif antara celebrity worship terhadap kecenderungan adiksi internet dengan nilai koefisien 0,485; t = 8,750, dan p=0,000<0,05; 3) terdapat hubungan positif antara kesepian terhadap kecenderungan adiksi internet dengan nilai koefisien regresi 0,332; t= 6,000 dan p=0,000<0,05.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 21:16 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 16:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11635 |
Actions (login required)
View Item |