HAYATI, FAHRUL NUR (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOLE SECARA ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 SATU ATAP MIRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI FINAL FAHRUL NUR HAYATI 23060170022.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) secara online terhadap prestasi belajar IPA, serta untuk mengetahui persepsi siswa dan guru Kelas VIII SMPN 3 Satu Atap Miri terhadap penerapan Model Pembelajaran SOLE pada pembelajaran daring mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh karena seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Siswa SMPN 3 Satu Atap Miri Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, angket, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes, angket, lembar observasi, pedoman wawancara, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SOLE dapat membantu belajar siswa pada pembelajaran daring. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen terjadi peningkatan dari 45,5 menjadi 70,75. Berdasarkan pengisian angket dan observasi pada kelas eksperimen ditinjau dari aspek sikap siswa memiliki motivasi belajar, berpikir kritis, kebebasan belajar, kemandirian belajar, disiplin, bertanggung jawab, dan mampu memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar. Selain itu apabila ditinjau dari aspek psikomotorik, siswa pada kelas eksperimen memiliki tingkat keaktifan, kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, kreatifitas, dan percaya diri lebih baik dari kelas kontrol. Uji korelasi menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,73 yang artinya terdapat keeratan hubungan antara penggunaan model pembelajaran SOLE dengan prestasi belajar siswa. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 44,082 + 0,586 X dengan koefisien determinasi 53,9%, yang artinya kontribusi pengaruh model SOLE terhadap prestasi belajar IPA sebesar 53,9%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SOLE secara online terhadap prestasi belajar IPA materi Sistem Ekskresi Manusia di kelas VIII SMPN 3 Satu Atap Miri Sragen.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 17:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 10:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11651 |
Actions (login required)
View Item |