PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2016 – 2020

, NURIKA RIZKI AMALIA (2021) PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2016 – 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NURIKA RIZKI AMALIA (63030170065) AKUNTANSI SYARIAH S1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Amalia, Nurika Rizki. 2021. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016 – 2020. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1 Akuntansi Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Fetria Eka Yudiana, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Leverage (DER), Profitabilitas (ROA), terhadap Nilai Perusahaan (PBV) dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016 – 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan path analysis sebagai analisis data. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang tercatat dalam Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016–2020 dengan total 30 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan menggunakan uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi dengan uji t, uji F, R2, uji asumsi klasik, dan analisis jalur atau path analysis. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan software Eviews 12. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji t yang menunjukkan bahwa variabel Leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ISR, Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ISR. ISR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil Uji F menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel Leverage, Profitabilitas dan Islamic Social Reporting (ISR) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan hasil analisis jalur atau path analysis menunjukkan bahwa variabel Islamic Social Reporting (ISR) mampu memediasi pengaruh Leverage terhadap nilai perusahaan. Namun tidak dapat memediasi pengaruh Profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Keyword: Leverage (DER), Profitabilitas (ROA), Nilai Perusahaan (PBV), Islamic Social Reporting (ISR)

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2021 21:19
Last Modified: 19 Oct 2021 21:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11657

Actions (login required)

View Item View Item