EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ARSITEKTUR MASJID AGUNG DEMAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA ISLAM

Riyah, Sur'atur (2021) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ARSITEKTUR MASJID AGUNG DEMAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA ISLAM. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Sur'atur Riyah 23070170074.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan etnomatematika yang terdapat pada Arsitektur Masjid Agung Demak dan (2) Menjadikan hasil eksplorasi etnomatematika pada Arsitektur Masjid Agung Demak sebagai sumber belajar matematika sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Pengecekan keabsahan data oleh sugiyono yakni teknik triangulasi Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Terdapat beberapa aktivitas matematika dalam Arsitektur Masjid Agung Demak yaitu aktivitas mengukur, aktivitas mendesain/rancang bangun dan aktivitas menjelaskan. Unsur matematika yang terdapat pada Masjid Agung Demak yaitu: (a) bangun datar berupa persegi pada pondasi tiang serambi Masjid, persegi panjang pada pintu dan jendela, segitiga pada sisi atap tajug, trapesium pada sisi atap serambi dan lingkaran pada surya Majapahit (b) bangun ruang sisi datar berupa balok pada bangunan maksuroh dan limas pada atap tajug Masjid (c) bangun ruang sisi lengkung berupa tabung yang terdapat pada soko guru/tiang utama (2) Hasil eksplorasi etnomatematika pada Arsitektur Masjid Agung Demak dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika sekolah dengan cara mengaitkan konsep matematika dengan kurikulum 2013 yang sudah dianalisis oleh peneliti, hasil eksplorasi etnomatematika pada Arsitektur Masjid Agung Demak dapat dijadikan sumber belajar matematika berupa hand out dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2021 19:46
Last Modified: 21 Oct 2021 19:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11697

Actions (login required)

View Item View Item