Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Jumlah Anggota Keluarga terhadap Kesejahteraan Masyarakat dengan Pola Konsumsi sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Muslim di Kabupaten Semarang)

Pratiwi, Septia Ayum (2021) Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Jumlah Anggota Keluarga terhadap Kesejahteraan Masyarakat dengan Pola Konsumsi sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Muslim di Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh religiusitas, pendapatan, dan jumlah anggota keluarga terhadap kesejahteraan masyarakat dengan pola konsumsi sebagai variabel intervening pada masyarakat Muslim di Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden yang merupakan masyarakat muslim di Kabupaten Semarang yang telah berkeluarga dan memiliki pendapatan dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh diolah mengggunakan aplikasi IBM SPSS dengan menguji instrumen, uji statistik, uji asumsi klasik, dan analisis jalur (path analyse). Berdasarkan pada hasil uji t yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa secara positif dan signifikan religiusitas dan pola konsumsi memberi pengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Sedangkan pendapatan dan jumlah anggota keluarga tidak memberi pengaruh terhadap kesejahteraan. Uji F menunjukkan bahwa variabel religiusitas, pendapatan, jumlah anggota keluarga, dan pola konsumsi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Melalui analisis jalur, dapat dikemukakan bahwa pola konsumsi tidak mampu memediasi pengaruh religiusitas dan pendapatan, terhadap kesejahteraan, namun pola konsumsi mampu memediasi pengaruh jumlah anggota keluarga terhadap kesejahteraan masyarakat muslim di Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2021 20:54
Last Modified: 21 Oct 2021 20:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item