Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Pendapatan Bagi Hasil terhadap Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai Variabel Moderating (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2013-2019)

ANDRIYANTO, RIZKI (2021) Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Pendapatan Bagi Hasil terhadap Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai Variabel Moderating (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2013-2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Pendapatan Bagi Hasil terhadap Pembiayaan berbasis Bagi Hasil dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel Moderating. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Data pada penelitian ini adalah data sekunder, dengan populasi Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2013-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan diperoleh sampel 9 Bank Umum Syariah yang memenuhi kriteria. Alat analisis menggunakan aplikasi Eviews 9. Berdasarkan uji f, diketahui bahwa secara simultan variabel DPK, CAR, Pendapatan Bagi Hasil dan NPF berpengaruh terhadap Pembiayaan berbasis Bagi Hasil. Dari uji R2 diketahui variabel independent pada penelitian ini mempengaruhi variabel dependen sebesar 99,1%. Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa DPK berpengaruh positif signifikan terhadap Pembiayaan berbasis Bagi Hasil, CAR tidak berpengaruh terhadap Pembiayaan berbasis Bagi Hasil, pendapatan bagi hasil berpengaruh positif signifikan terhadap Pembiayaan berbasis Bagi Hasil, NPF tidak berpengaruh terhadap Pembiayaan berbasis Bagi Hasil. Dari hasil uji MRA diketahui bahwa NPF memperlemah pengaruh DPK terhadap Pembiayaan berbasis Bagi Hasil, sedangkan NPF tidak mampu memoderasi pengaruh CAR dan Pendapatan Bagi Hasil terhadap Pembiayaan berbasis Bagi Hasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2021 21:31
Last Modified: 21 Oct 2021 21:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item