Isnawati, Ria (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI RIA ISNAWATI 23060170093.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Postest Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test, koefisien korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung (16,333) > ttabel (2,228) dan Pvalue (0,000) < 0,05 artinya keberhasilan belajar siswa dapat dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar pada nilai pretest (64,23%) dan posttest (83,07%) pada kelas eksperimen. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya pengaruh yang cukup dengan hasil belajar siswa bernilai 0,775 dengan nilai Sig. sebesar 0,002 < 0,05 antara dua variabel. Uji regresi linear sederhana diketahui bahwa nilai signifikasi sebesar 0,002 dengan persamaan regresi sebesar Y = 2,258 + 0,746. Hasil uji koefisien determinasi R Square sebesar 0,600. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 19:40 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 10:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11715 |
Actions (login required)
View Item |